Wisata

Dongkrak Kunjungan Wisman, Dinas Pariwisata Karangasem Gelar Sejumlah Festival

Kamis, 08 Agustus 2019 | 17:40 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Dalam rangka mempromosikan pariwisata serta mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik Bumi Lahar Karangasem, Dinas Pariwisata menggelar berbagai festival di sejumlah objek wisata yang ada di Karangasem.

Pilihan Redaksi

  • Turis Mancanegara Ikut Meriahkan Perayaan HUT Kemerdekaan di Karangasem
  • Polemik Mutasi Sekda Karangasem: Sujana Erawan Ditunjuk Jadi PLH
  • PDAM Karangasem Kaget Pasokan Air Baku Telagawaja Bakal Ditutup
  •  
    Beberapa diantaranya yakni Festival Tirta Gangga, Tulamben Festival, Tenganan Pegringsingan Festival, dan Sokasada Festival yang rencana dilaksanakan bulan Agustus 2019 mendatang. 
     
    Kepala Dinas Pariwisata I Ketut Sedana Merta mengatakan, festival pertama dimulai dengan Festival Pesona Tulamben 2019. Rencananya Festival ini digelar di Pantai Banjar Tukad Abu, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem pada tanggal 9-10 Agustus.
     
    "Sebelumnya, direncanakan Festival Pesona Tulamben digelar pada tanggal 15 Juli, kemudian diundur karena berdekatan Hari Galungan dan Kuningan," ujarnya. 
     
    Selama ini wisatawan yang datang hanya sebatas menikmati wisata menyelam di Pantai Banjar Tulamben dengan objek bangkai kapal Liberty yang tenggelam tahun 1941. Usai menyelam, wisatawan kembali ke tempatnya menginap di luar Karangasem
     
    Adanya Festival Pesona Tulamben 2019 diharapkan selama festival wisatawan menginap di sejumlah hotel di Objek Wisata Tulamben. Sehingga, kata dia, industri pariwisata di Desa Tulamben terutama hotel-hotel huniannya meningkat. Ketut Sedana Merta menjelaskan, kegiatan Festival Pesona Tulamben ini akan diisi pertunjukan jukung race dan fishing tournament (lomba memancing).  
     
    Pembukaannya direncanakan di Central Parkir Objek Wisata Tulamben. Sebelum berlomba, seluruh jukung dihias agar menarik w

    Pilihan Redaksi

  • KPK Tangkap Anggota DPR Fraksi PDIP Nyoman Dhamantra Saat di Bandara
  • Hakim Vonis Pemandu Jetski yang Cabuli Turis Tiongkok 7 Tahun Penjara
  • isatawan yang menyaksikan dari pinggir pantai. 
     
    Ia menambahkan, Festival Pesona Tulamben juga bertujuan mengedukasi nelayan terkait pelestarian terumbu karang. Sebab terumbu karang warna-warni berikut ikan hias sebagai daya pikat wisatawan menyelam, selayaknya dilestarikan agar terbebas dari ancaman pengeboman ikan. 
     
    “Jadi tujuan Festival Pesona Tulamben selain menghibur juga meningkatkan gairah industri pariwisata dan ada edukasinya,” katanya.
     
    "Festival ini masuk di program event tahunan. Anggarannya sekitar Rp 1,3 miliar lebih. Kegiatan ini bertujuan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Karangasem," kata Sedana Merta, yang juga mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karangasem. (bbn/igs/rob)

    Penulis :

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Dinas Pariwisata Karangasem Festival Pariwisata Wisman



    Wisata Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Wisata

    Berita Bali TV