Wisata

5 Manfaat yang Didapat Saat Study Tour dengan Bus

Selasa, 13 Agustus 2019 | 14:00 WITA

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Selain libur panjang, study tour adalah hal menyenangkan yang ditunggu banyak murid sekolah. Lewat study tour, para murid dan guru dapat merasakan liburan sambil belajar dan menggali ilmu tambahan yang tidak didapat lewat pelajaran di dalam kelas.

Pilihan Redaksi

  • Kuliner Khas Bali Potensial Jadi Atraksi Wisata
  • 5 Tips Berburu "Blue Fire" di Gunung Ijen
  • Bali Destiny Travel, Solusi Liburan Praktis Bagi Para Wisatawan Yang Ingin Berlibur Ke Bali
  •  
    Dari sekian banyak pilihan transportasi, penggunaan bus masih dipilih oleh pihak sekolah dalam kegiatan study tour. Bus dipilih karena dinilai jauh lebih murah, namun tetap memberikan pelayanan prima. Proses pemesanan dan pembelian tiket seperti tiket bus Pahala Kencana juga lebih mudah dilakukan. Tidak hanya itu, bus juga dapat menjangkau area yang lebih dekat dengan tujuan dan lokasi penjemputan. 
     
    Lalu, apa manfaat yang bisa didapat oleh para siswa saat melakukan study tour dengan menggunakan bus?
     
    1. Jadi lebih mandiri
     
    Hal pertama yang didapat saat mengikuti kegiatan study tour adalah kamu akan menjadi siswa yang lebih mandiri. Waktu untuk bangun tidur, mandi, hingga sarapan dan siap-siap untuk berangkat ke daerah wisata tujuan harus kamu perhitungkan dengan baik. Jangan harap kamu dapat kompensasi berupa waktu persiapan yang renggang. Semua perjalananmu sudah diatur sesuai jadwal oleh panitia yang nggak lain adalah para guru. Mau tidak mau, kamu harus memaksa diri untuk mandiri dan tidak lambat dalam bergerak.
     
    2. Penyegaran otak
     
    Setiap hari kamu pergi ke sekolah, belajar, bertemu dengan teman dan guru di dalam ruang kelas. Bosan, bisa jadi. Lewat study tour terutama menggunakan bus, kamu bisa mendapatkan suasana baru meski dengan orang yang itu-itu saja. Suara tawa yang sesekali terdengar di sela obrolan teman atau antarguru pasti membuat otakmu jadi lebih segar. Pandangan luas berupa pemandangan dari kaca jendela di sisi dan depan bus juga akan membuatmu rileks. Untuk kamu yang terbiasa tinggal di kota besar, pemandangan simpel seperti persawahan atau jalan menuju bukit yang berkelok bisa jadi pengalaman seru tersendiri.
     
    3. Makin akrab dengan teman
     
    Acara study tour sudah pasti akan membuat pertemanan antarsiswa semakin erat. Rasa senasib sepenanggungan selama di perjalanan, penginapan, hingga di daerah tujuan wisata bakal memberikan cerita baru antara kamu dan teman satu angkatan. Jangan ragu untuk berbagi makanan, camilan, atau bertukar tempat duduk saat di perjalanan agar pertemanan semakin akrab. Bisa jadi, selesai study tour, kamu bakal menemukan sahabat baru yang memiliki hobi dan topik favorit yang sama.
     
    4. Bebas jadi diri sendiri
     
    Jauh dari orang tua, dan justru dikelilingi teman-teman, terkadang membuat anak bisa memperlihatkan karakter asli yang selama ini dipendam. Nah, masa study tour ini bisa menjadi batu loncatan untuk membuatmu jadi pribadi yang baru. Selama ini cuma mendengarkan musik rap dan menghapal lirik diam-diam? Coba dengarkan bersama teman yang juga memiliki minat serupa. Siapa tahu kamu jadi lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri. Ingat, bebas berekspresi bukan berarti tanpa tanggung jawab, ya. Lakukan hal yang baik dan pastinya memberi manfaat untuk diri sendiri di kemudian hari.
     
    5. Makin sayang dengan guru
     
    Hal lain yang pasti didapat saat melakukan study tour menggunakan bus adalah kamu akan jauh lebih akrab dengan para guru di sekolah, terutama yang terlibat langsung dalam kepanit

    Pilihan Redaksi

  • Kebakaran Gunung Batukaru: Api Sudah Padam, Warga dan Petugas Gabungan Tetap Siaga
  • Rakernas V APJI: Anggota Didorong untuk Bertransformasi Digital
  • iaan. Terkadang, sisi lain guru memang selama ini jarang terlihat di sekolah atau kelas bisa kamu temukan dan bahkan buatmu takjub. 
     
    Hal semacam ini kerap terjadi karena guru memikul tanggung jawab penuh terhadap kesehatan dan keselamatan seluruh murid selama study tour. Sesekali kamu bisa memberikan perhatian kecil pada guru sebagai tanda terima kasih seperti memberikan segelas teh atau kopi hangat, hingga memberi bingkisan mungil berisi barang yang kamu beli saat bus berhenti. 
     
    Masa-masa sekolah tidak akan terulang dua kali, begitu juga keseruan saat melakukan study tour. Meski kegiatan ini membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit, study tour bisa kamu manfaatkan sebagai ajang ‘memperkaya diri’ untuk mempererat pertemanan satu angkatan dan hubungan baik dengan para guru.

    Penulis : Berita Advertorial

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Bus Study Tour Sekolah



    Wisata Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Wisata

    Berita Bali TV