Wisata

Pelatihan Manajemen Homestay di Karangasem Tingkatkan SDM Industri Pariwisata

Rabu, 28 Agustus 2019 | 21:55 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pariwisata Karangasem menyelenggarakan kegiatan pelatihan manajemen homestay atau pondok wisata di Kabupaten Karangasem tahun 2019. 

Pilihan Redaksi

  • Polisi Temukan Jimat Saat Menangkap 2 Pemuda Pejambret Asal Karangasem
  • Pembangunan Dermaga Tanah Ampo Diharapkan 70% Hasilnya Dinikmati Karangasem
  • Selama 2 Bulan, BPBD Karangasem Distribusikan 40.000 Liter Air Bersih
  •  
    Acara dibuka Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Selasa (27/8) di Hidden Paradise Amed.  Wabup Artha Dipa mengatakan, kemajuan pariwisata saat ini sangat penting dalam upaya pembangunan perekonomian di kalangan masyarakat. 
     
    Selain itu, pelatihan manajemen homestay memang sangat penting sebagai wadah bersama dalam rangka peningkatan sumber daya pariwisata para pelaku/ pengusaha. Karena lewat pelatihan ini pelaku industri pariwisata  diajak untuk memiliki kompetensi dasar pelayanan prima.
     
    “Harapan kita peserta mampu mengimplementasikan kompetensinya untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang pada akhirnya semakin meningkatnya kualitas pelayanan dan memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan perekonomian masyarakat,” tegasnya.
     
    Kadispar Karangasem, I Ketut Sedana Merta menyampaikan, kegiatan pelatihan manajemen homestay ini merupakan salah satu kegiatan pada program pengembangan kemitraan, kegiatan pengembangan desa wisata sebagai daya tarik alternatif di bidang sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif. 
     
    Digelarnya kegiatan ini juga untuk pemerataan pembangunan kepariwisataan sekaligus mendorong berkembangnya pengembangan desa wisata. Hal tersebut perlu didukung melalui kegiatan  pelatihan manajemen homestay di Kabupaten Karangasem. Melalui kegiatan ini diharapkan kepada para peserta yang berasal dari seluruh kelompok sadar wisata di Kabupaten Karangasem dapat bersinergi dan sharing pengalaman serta saling melengkapi untuk bisa menciptakan suatu manajemen pengelolaan homestay yang professional,  sehingga mampu bersaing dengan akomodasi wisata yang lebih dulu telah berkembang serta mampu memberikan pelayanan kepada wisatawan secara profes

    Pilihan Redaksi

  • Pembunuhan Kadek Roy, Pelaku Terancam Penjara Seumur Hidup
  • Rakor SAR Dukung Industri Pariwisata NTB dan Militansi Pelayanan
  • Polda Bali dan Bawaslu Bali Bahas Persiapan Pilkada 2020
  • ional.
     
    Sedana Merta mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan pelatihan manajemen Homestay/pondok wisata di kabupaten Karangasem yaitu untuk mendukung daerah khususnya kabupaten Karangasem dalam upaya meningkatkan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing kepariwisataan daerah. 
     
    Selain itu juga bertujuan  meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal, serta perluasan kerja di bidang pariwisata khususnya akomodasi homestay/pondok wisata. 
     
    “Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan saat ini adalah gelombang pertama yang dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 27 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2019 dari jam delapan pagi sampai enam sore setiap harinya,” jelas Sedana Mertha.
     
    Ia menambahkan, kegiatan pelatihan gelombang I ini diikuti sekitar 40 orang peserta pemilik atau pengelola home stay/ pondok wisata yang ada di Kecamatan Abang khususnya di Wilayah Amed seperti di Purwekerti dan Bunutan. (bbn/igs/rob)

    Penulis :

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pelatihan Manajemen Homestay SDM Industri Pariwisata Karangasem



    Wisata Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Wisata

    Berita Bali TV