Ribuan Turis Tiongkok Batal ke Bali, Travel Agent: Kami Sangat Terpukul - Beritabali.com

Wisata

Dampak Virus Corona

Ribuan Turis Tiongkok Batal ke Bali, Travel Agent: Kami Sangat Terpukul

Senin, 27 Januari 2020 | 18:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Akibat wabah virus Corona di Wuhan Tiongkok, diperkirakan ribuan wisatawan asal Tiongkok batal datang ke Bali di saat musim libur Tahun Baru China atau Imlek. Hal ini membuat puluhan pengelola biro perjalanan wisata khusus pasar Tiongkok di Bali merasa terpukul.

Hal ini disampaikan Ketua Bali Liang (Komite Tiongkok ASITA Daerah Bali), Elsye Deliana, di kantor Bali Tourism Board Denpasar, Senin (27/1/2020).

"Di tahun 2019 ada penurunan kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali, tapi menjelang "Chinese New Year" tahun ini kunjungan sudah mulai meningkat 2 hingga 3 kali lipat. Tapi semenjak 27 Januari, (pemerintah) Tiongkok sudah melarang warganya untuk keluar negrri di seluruh dunia agar virus (Corona) tidak menyebar,"ujar Elsye. 

Elsye mengakui pihaknya sangat terpukul dengan kondisi ini. Apalagi "bookingan" wisatawan untuk liburan Imlek sudah dilakukan sejak jauh haru. 

"Kita sangat terpukul, "bookingan" (pemesanan) Imlek sudah masuk dan hotel sudah terbayar semua. Apa boleh buat ini cobaan, mudah-mudahan cepat berlalu dan dalam 2-3 bulan selesai. Nanti kita akan promosi terus, karena Bali ini disenangi oleh market Tiongkok.Uuntung di Bali belum ada yang tertular, padahal Singapura sudah ada, bersyukur kita dilindungi Tuhan meski kita sangat terpukul,"ujarnya.

Meski belum ada data final, Elsye memperkirakan wisatawan Tiongkok yang batal ke Bali berkisar di angka 5.000 hingga 10.000. 

"Kita masih data semua, tapi saya rasa tidak kurang dari angka 10.000 wisatawan Tiongkok yang batal ke Bali, yang ditangani sekitar 50 an travel agent resmi di Bali. Saat Imlek, semua BPW (biro perjalanan wiasta) China pasti kebagian tamu karena memang "high season". Setiap Chinese New Year pasti (kunjungan) meningkat,"ujarnya.

Kadis Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa mengatakan, wabah virus Corona yang kemudian berdampak terhadap dunia pariwisata Bali, merupakan musibah yang tak diharapkan. 

"Ini untuk introspeksi sekaligus untuk pembenahan, dimana kita kurangya dalam melaksanakan kepariwisataan. Ini momen bagus sehingga kedepan kita memiliki daya saing yang kuat. Ini memang berdampak pada ekonomi kita di Bali, jadi "sekala niskala" kita perlu introspeksi agar wabah segera berakhir. Bali kini menghadapi masalah sampah, kemacetan, ketersediaan air. Jadi ini momentum untuk pembenahan pariwisata Bali ke depan,"ujarnya.  

Penulis : Tim Liputan

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Virus Corona Wisata Bali


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya